PENGARUH SIKAP IBU HAMIL DALAM SENAM HAMIL DI PMB BIDAN E CISARUA BOGOR TAHUN 2023

  • Lena Sri Diniyati Akademi Kebidanan Al-Ikhlas Cisarua
  • Dewi Puspitasari Akademi Kebidanan Al-Ikhlas Cisarua
Keywords: Pengetahuan, sikap, senam hamil

Abstract

Perubahan yang dialami selama masa kehamilan dapat mempengaruhi wanita hamil sehingga dapat menyebabkan timbulnya berbagai keluhan. Keluhan pada ibu hamil terutama trimester ketiga kehamilan, seperti sesak napas, nyeri punggung bawah, wasir, gangguan tidur, nyeri di daerah panggul, pusing, kram perut, kram kaki, sering buang air kecil, dan ketidaknyamanan karena kontraksi tiba-tiba dan cemas(Juli Gladis, 2018). Salah satu intervensi kesehatan yang efektif adalah pelayanan antenatal yaitu Senam Hamil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui distribusi frekuensi gambaran karakteristik ibu hamil terhadap sikap ibu untuk senam hamil di PMB bidan E cisarua periode April-Mei 2023. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar ibu hamil memiliki pengetahuan yang baik dariĀ  20 responden sebanyak 19 orangĀ  (95%). Sedangkan Sikap ibu terhadap senam hamil di PMB Bidan E cilember memiliki sikap positif sebanyak 20 responden (100%). Berdasarkan karakteristik Umur dari 20 responden yang umur 20-30 tahun sebanyak 17 orang (85%), Berdasarkan pendidikan terakhir SD sebanyak 13 orang (65%). Ibu yang tidak bekerja sebanyak 20 orang (100%), dan berdasarkan paritas ibu multigravida sebanyak 10 orang (50%). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah semua ibu hamil yang menjadi responden di PMB Bidan E cisarua mempunyai pengetahuan yang baik dan sikap yang positif terhadap senam hamil.

Published
2024-03-05
How to Cite
Diniyati, L., & Puspitasari, D. (2024). PENGARUH SIKAP IBU HAMIL DALAM SENAM HAMIL DI PMB BIDAN E CISARUA BOGOR TAHUN 2023. Jurnal Ilmiah Penelitian Kebidanan Dan Kesehatan Reproduksi, 7(1), 12-20. Retrieved from https://akbid-alikhlas.e-journal.id/JIPKR/article/view/54

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.