EFEKTIVITAS RELAKSASI BENSON TERHADAP PENURUNAN INTENSITAS NYERI IBU POST SECTIO CAESAREA DI RSUD SAYANG CIANJUR

  • Lena Sri Diniyati , Dewi Puspitasari , Ajeng Kusuma W.
Keywords: Relaksasi Benson, Nyeri, Post Sectio Caesarea

Abstract

Setiap tindakan pembedahan sectio caesarea dapat menimbulkan respon ketidaknyamanan berupa rasa nyeri. Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri yaitu dengan metode farmakologi maupun non farmakologi, salah satu metode non farmakologi untuk mengatasi nyeri yaitu relaksasi benson. Relaksasi benson merupakan metode relaksasi yang melibatkan faktor keyakinan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ke efektivitasan relaksasi benson terhadap penurunan nyeri pada ibu post section caesarea Relaksasi Benson terhadap Penurunan Nyeri pada Ibu Post Partum Sectio Caesarea. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian true-eksperimental dengan rancangan desain penelitian Control Group Pretest Postest design, dimana peneliti melakukan penelitian pada dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pelaksanaan penelitian ini di mulai pada bulan Maret-Mei tahun 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu post partum sectio caesarea di RSUD Sayang Cianjur pada bulan Maret-Mei 2023 sebanyak 87 orang, dengan sampel sebanyak 30 responden. Desain penelitian menggunakan pre-test dan post-test. Dapat disimpulkan dari penelitian ini menunjukan signifikansi pada kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan yaitu p=0.000, sedangkan pada kelompok control yang tidak diberikan perlakuan menunjukan signifikansi yaitu p=0.011. Diharapkan banyak yang melakukan relaksasi benson ini untuk membantu mengurangi nyeri pada ibu post section caesarea.

Published
2023-08-11
How to Cite
Ajeng Kusuma W., L. S. D. ,. (2023). EFEKTIVITAS RELAKSASI BENSON TERHADAP PENURUNAN INTENSITAS NYERI IBU POST SECTIO CAESAREA DI RSUD SAYANG CIANJUR. Jurnal Ilmiah Penelitian Kebidanan Dan Kesehatan Reproduksi, 6(2), 64-71. Retrieved from https://akbid-alikhlas.e-journal.id/JIPKR/article/view/51

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.