EFEKTIVITAS SENAM MARYAM TERHADAP NYERI DISMENOREA PADA REMAJA PUTRI DI YAYASAN AL-BAZARI SUKABUMI

  • Fina Sancaya Rini, Risa Fajriya Rahmah
Keywords: Dismenorea, senam maryam dan intensitas nyeri

Abstract

Dismenorea merupakan nyeri perut bagian bawah yang terkadang rasa nyeri tersebut meluas hingga ke pinggang dan punggung bagian bawah, timbul 2 atau 3 tahun sesudah menarche atau pertama kali menstruasi. Dismenorea sering kali mengganggu aktifitas sehari-hari. Tujuan penelitian ini mengetahui penerapan Karakteristik Intensitas Nyeri Dismenorea pada Remaja Putri yang dilakukan Senam Maryam di Yayasan Al-Bazari Periode Maret-Mei Tahun 2023. Jenis penelitian ini dengan penelitian pre-ekperimental dengan rancangan desain penelitian One Group Pretest Postest design dimana peneliti melakukan penelitian pada suatu kelompok intervensi dan uji statistic menggunakan paired-samples T-Test. Skala penilaian nyeri menggunakan (Numerik Ratting Scale atau NRS). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 26 Maret 2023 sampai dengan 26 Mei 2023. Dengan tehnik pengambilan sampel secara accidental sampling sebanyak 27 orang. Karakteristik yang ada yaitu usia, menarche, lama menstruasi dan intensitas nyeri. Hasil setelah diberikan tindakan Senam Maryam mengalami penurunan intensitas nyeri dismenorea sebanyak 22 (81%) remaja putri dan hasil uji statistic didapatkan p value = 0,490 yang artinya tidak ada hubungan antara senam maryam terhadap nyeri dismenorea pada remaja putri di Yayasan Al-Bazari periode  Maret-Mei Tahun 2023. Saran bagi remaja putri yang mengalami dismenorea agar menerapkan Senam Maryam secara rutin pada saat mengalami dismenorea sebagai salah satu alternatif dalam mengurangi nyeri.

Published
2023-08-11
How to Cite
Risa Fajriya Rahmah, F. S. R. (2023). EFEKTIVITAS SENAM MARYAM TERHADAP NYERI DISMENOREA PADA REMAJA PUTRI DI YAYASAN AL-BAZARI SUKABUMI. Jurnal Ilmiah Penelitian Kebidanan Dan Kesehatan Reproduksi, 6(2), 45-52. Retrieved from https://akbid-alikhlas.e-journal.id/JIPKR/article/view/49

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.