Hubungan antara pengetahuan Ibu tentang cara menyusui dengan perilaku menyusui Bayi Usia 0–6 Bulan Di Desa Sambori

  • Maya Febriyanti Sri Astuti Syamsiah
Keywords: Pengetahuan, Perilaku, Cara Menyusui

Abstract

Profil kesehatan tahun 2018 menunjukkan cakupan bayi yang mendapatkan ASI esklusif di Indonesia 68,74% dan  masih kurang dari target yang di tetapkan secara nasional yaitu 80%. Berdasarkan seksi gizi masyarakat dinas kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat  yang mendapatkan ASI esklusif di Kabupaten Bima 70,4%  belum memenuhi cakupan ASI esklusif yang ditetapkan oleh pemerintah. Tujuan Penelitian ini untuk mengidentifikasi hubungan pengetahuan ibu tentang cara menyusui dengan perilaku menyusui pada bayi usia 0 - 6 bulan Di Desa Sambori.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah ibu menyusui yang mempunyai bayi usia 0  – 6 bulan sebanyak 50 orang. Pengambilan sampel menggunakan  teknik total sampling   dengan jumlah responden sebanyak 50 orang. Data dikumpulkan dengan  menggunakan  kuesioner.  

Hasil penelitian dengan menggunakan uji statistik koefifisien korelasi spearman rank  didapatkan nilai koefisien korelasi  (ρhitung) sebesar 0,544 dan p = 0,009  (p<0,05). Maka H0  ditolak yang artinya ada hubungan antara pengetahuan dengan perilaku menyusui.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara pengetahuan dengan perilaku menyusui dimana. nilai koefisien korelasi yang diperoleh bertanda positif, berarti ada hubungan antara pengetahuan dengan perilaku menyusui.

Published
2023-01-31
How to Cite
Syamsiah, M. F. (2023). Hubungan antara pengetahuan Ibu tentang cara menyusui dengan perilaku menyusui Bayi Usia 0–6 Bulan Di Desa Sambori. Jurnal Ilmiah Penelitian Kebidanan Dan Kesehatan Reproduksi, 6(1), 74-82. Retrieved from https://akbid-alikhlas.e-journal.id/JIPKR/article/view/44

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.