Analisis pengetahuan Ibu Hamil tentang gangguan kesehatan mental perinatal dengan tingkat kecemasan Ibu Hamil

  • Leila Nisya Ayuanda Ratna Arifiana
Keywords: bidan, edukasi, hamil, kecemasan

Abstract

Gangguan psikologi seperti kecemasan selama kehamilan dikaitkan dengan komplikasi, seperti prematuritas, berat bayi lahir rendah (BBLR), pertumbuhan janin terhambat (IUGR), komplikasi postpartum, hipertensi pada kehamilan, preeklamsia (PE), dan diabetes gestasional (Durankuş, F., & Aksu, 2020). Sehingga ibu hamil membutuhkan perawatan dan pelayanan khusus terkait upaya pencegahan, diagnosis, dan penanganan kecemasan agar tidak bermanifestasi sebagai gangguan kesehatan jiwa yang lebih serius (Poon et al., 2020). Dalam hal ini, bidan mempunyai peran memberikan edukasi dalam meningkatkan literasi kesehatan mental pada ibu. Namun belum ada penelitian tentang dampak pengetahuan ibu hamil dengan tingkat kecemasan pada ibu hamil tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis keterkaitan antara pengetahuan dengan tingkat kecemasan ibu hamil. Metode yang digunakan yaitu analitik observasional dengan pendekatan potong lintang (cross-sectional). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu hamil di wilayah kerja puskesmas kedungwuni II Kabupaten Pekalongan Tahun 2022. Teknik sampling menggunakan accidental sampling dan didapatkan 40 orang. Hasil peneltian didapatkan ada hubungan signifikan antara pengetahuan tentang kesehatan mental perinatal dengan tingkat kecemasan ibu hamil. Bidan diharapkan dapat memberikan edukasi terkait dengan kesehatan mental perinatal yang akan berpengaruh terhadap tingkat kecemasan ibu hamil.

Published
2023-01-31
How to Cite
Ratna Arifiana, L. N. A. (2023). Analisis pengetahuan Ibu Hamil tentang gangguan kesehatan mental perinatal dengan tingkat kecemasan Ibu Hamil. Jurnal Ilmiah Penelitian Kebidanan Dan Kesehatan Reproduksi, 6(1), 39-48. Retrieved from https://akbid-alikhlas.e-journal.id/JIPKR/article/view/40

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.