HUBUNGAN USIA IBU, USIA KEHAMILAN DAN PARITAS DENGAN KEJADIAN KETUBAN PECAH DINI DI PUSKESMAS TANAH SAREAL KOTA BOGOR

  • Dinda Aulia Oktaviani Yuanita Viva Avia Dewi
Keywords: Usia Ibu, Usia Kehamilan, Paritas, Ketuban Pecah Dini

Abstract

Ketuban Pecah Dini (KPD) didefinisikan sebagai pecahnya ketuban sebelum waktunya melahirkan. Hal ini dapat terjadi pada akhir kehamilan maupun jauh sebelum waktunya melahirkan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, tahun 2019 terdapat 41 kejadian KPD dariĀ  246 persalinan, tahun 2018 terdapat 30 kasus KPD dari 207 persalinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan KejadianKetuban Pecah Dini Dengan Kejadian Partus Lama di Puskesmas Tanah Sareal.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis, dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu bersalin yang mengalami KPD di Puskesmas Tanah Sareal dengan jumlah 41 orang. Menggunakan total sampling yaitu semua populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data menggunakan data sekunder. Analisis data menggunakan uji univariat dan uji bivariat (Chi-Square).

Hasil Penelitian univariat diperoleh 65,4% berusia 20-30 tahun,73,2% terjadi pada usia kehamilan aterm dan 61% multipara. Hasil uji statistik di peroleh tidak ada hubungan Antara usia ibu (p value = 0,133), usia kehamilan (p value = 0,350) dan paritas primipara (p value = 0.449) dengan kejadian ketuban pecah dini. Diharapkan penelitian ini dapat meningkatkan kesadaran ibu untuk memeriksakan kehamilannya secara teratur.

Published
2022-08-30
How to Cite
Yuanita Viva Avia Dewi, D. A. O. (2022). HUBUNGAN USIA IBU, USIA KEHAMILAN DAN PARITAS DENGAN KEJADIAN KETUBAN PECAH DINI DI PUSKESMAS TANAH SAREAL KOTA BOGOR. Jurnal Ilmiah Penelitian Kebidanan Dan Kesehatan Reproduksi, 5(2), 75-82. Retrieved from https://akbid-alikhlas.e-journal.id/JIPKR/article/view/32

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.