FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMEBERIAN ASI EKSLUSIF DI PUSKESMAS TANAH SAREAL KOTA BOGOR

  • Mukhlisiana Ahmad Mayang
Keywords: ASI Ekslusif, umur, pendidikan, pekerjaan

Abstract

Latar belakang Menurut WHO rekomendasi pemeberian ASI Ekslusif selama 6 bulan dan MPASI setelahnya, dengan tetap memberikan ASI selama 2 tahun, keputusan tersebut diadopsi oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2004 melalui Kemenkes RI No 450/menkes/SK/IV dengan menetapkan pemberian ASI Ekslusif sebanyak 80%. Cakupan ASI di Indonesia sudah mencapai 54,3%. Pencapaian ASI Eksklusif di Indonesia belum mencapai 80%. Berdasarkan laporan SDKI pencapaian ASI eksklusif adalah 42%. capaian ASI eksklusif tahun 2016 di Jawa Barat sebesar46,4%. Menurut Laporan Bulanan, capaian pemberian ASI ekslusif tahun 2017 di Kota Bogor sebesar 49,5% dan di Kelurahan Tanah Baru Pomad sebesar 27,1%.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-faktor yang berhubungan dengan Pemberian ASI Esklusif di Puskesmas Tanah Sareal Kota Bogor

Metode Penelitian Deskriptif dengan Desain Cross sectional. Sampel penelitian ibu yang memiliki bayi 0-6 bulan secara total sampling.I nstrument penelitian menggunakan data primer Analisis data menggunakan uji univariat dan uji bivariat (Chi-Square).

Hasil penelitian univariat diperoleh 81,9% berusia lebih dari 35 tahun tahun,81,9% Pendidikan tinggi dan 66,7% tidak bekerja. Hasil uji statistik di peroleh ada hubungan Antara usia ibu (p value = 0,005), Pendidikan  (p value = 1.477) dan pekerjaan (p value = 1433) dengan pekerjaan. Diharapkan penelitian ini dapat meningkatkan kesadaran para ibu pentingnya memberikan ASI Ekslusif pada anak usia 0-6 bulan.

Published
2022-08-30
How to Cite
Mayang, M. A. (2022). FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMEBERIAN ASI EKSLUSIF DI PUSKESMAS TANAH SAREAL KOTA BOGOR. Jurnal Ilmiah Penelitian Kebidanan Dan Kesehatan Reproduksi, 5(2), 68-74. Retrieved from https://akbid-alikhlas.e-journal.id/JIPKR/article/view/31

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.