FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PARTUS LAMA DI RSUD CIAWI KABUPATEN BOGOR

  • Lia Indria Sari Astri Sulastri
Keywords: Usia, Paritas, Partus Lama.

Abstract

Menurut WHO Pada tahun 2015 rasio kematian maternal global sebesar 216 kematian per 100.000 kelahiran hidup. Sedangkan di Indonesia pada tahun 2017 sebanyak 305 kematian ibu per 100.000 kelahiran hidup. Partus lama memberikan  kontribusi pada angka kematian ibu. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Indonesia pada tahun 2017 hampir 33,8% ibu mengalami persalinan lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian dengan kejadian partus lama di Rumah Sakit Umum Daerah Ciawi Kabupaten Bogor.

 

Metode penelitian ini menggunakan penelitian desktiptif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 107 orang. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 107 responden . Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square.

 

Hasil penelitian dari analisis bivariat dengan uji chi-square menunjukkan terdapat hubungan antara partus lama dengan umur dengan nilai hasil uji chi-square X2 hitung =0.387, dengan nilai r-value 0.000 dengan sig (a)- 0.05, antara partus lama dengan paritas, dengan nilai hasiluji chi- square nilai X2 hitung =0.215, dengan nilai r-value 0.000 dengaan sig (a)- 0.05.  Maka peneliti menyimpulkan bahwa paritas dan umur ibu meningkatkan kejadian partus lama.

 

Diharapkan RSUD Ciawi dapat meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya dengan memberikan penanganan segera pada persalinan dengan komplikasi yang  memerlukan tindakan segera sehingg adapat mengurangi Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.

Published
2022-08-30
How to Cite
Astri Sulastri, L. I. S. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PARTUS LAMA DI RSUD CIAWI KABUPATEN BOGOR. Jurnal Ilmiah Penelitian Kebidanan Dan Kesehatan Reproduksi, 5(2), 60-67. Retrieved from https://akbid-alikhlas.e-journal.id/JIPKR/article/view/30

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.