ANALISIS KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS TEMPURAN KARAWANG TAHUN 2021

  • Wiwih Widia Fitria Sari
Keywords: Anemia, KEK, Umur, Status ekonomi, Tablet Fe

Abstract

Anemia dalam kehamilan disebut “potential danger to mother and child” (potensial membahayakan ibu dan anak). Penyebab anemia pada ibu hamil secara umum adalah kekurangan gizi atau malnutrisi, gangguan pencernaan dan absorpsi, kebutuhan zat besi meningkat, kurangnya zat besi dalam makanan, dan pertambahan darah tidak sebanding dengan pertambahan plasma. Kejadiananemia di PuskesmasTempuran Karawang Tahun 2020 sebanyak 144 orang (29%). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahuikejadiananemiaibu hamil dan faktor-faktor yang berhubungandengananemiameliputi KEK, Status ekonomi,pendidikan dan umur. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan survey analitikkuantitatif dengan  rancangan desain cross sectional. Sampel penelitian ini menggunakan cara pemilihan ini dengan menggunakan total samplingdengan responden 53. Penelitian ini menggunakan uji chi square. Hasil penelitian didapat ada hubungan kek dengan kejadian anemia (p-value 0,001), ada hubungan umur dengan kejadian anemia (p-value 0,001), ada hubungan pendidikan dengan kejadian anemia (p-value 0,001), ada hubungan status ekonomi dengan kejadian anemia (p-value 0,001), ada hubungan keteraturan konsumsi tablet Fe dengan kejadian (p-value 0,001). Hasil penelitianinimampumeningkatkanpelayanandengan pendidikan kesehatan tentang pentingnya gizi ibu, dan anemia pada perkembangan janin.

Published
2022-08-30
How to Cite
Fitria Sari, W. W. (2022). ANALISIS KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS TEMPURAN KARAWANG TAHUN 2021. Jurnal Ilmiah Penelitian Kebidanan Dan Kesehatan Reproduksi, 5(2), 41-59. Retrieved from https://akbid-alikhlas.e-journal.id/JIPKR/article/view/29

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.