EFEKTIVITAS SLOW DEEP BREATHING RELAXATION PADA IBU BERSALIN KALA I UNTUK MERINGANKAN NYERI PERSALINAN

  • Lena Sri Diniyati Yanti Septiani
Keywords: Nyeri, Psikologis, Usia, Paritas, Pendamping persalinan.

Abstract

Intensitas nyeri selama persalinan memengaruhi keadaan psikologi ibu, kelancaran proses persalinan serta keadaan janin. Slow deep breathing relaxation merupakan teknik relaksasi yang dapat menurunkan nyeri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi efektivitas metode slow deep breathing terhadap penurunan nyeri pada ibu bersalin kala I. Jenis penelitian eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Pelaksaanaan penelitian pada mei-juni 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu bersalin berjumlah 20 orang dijadikan dua kelompok yaitu kelompok eskperimen dan kelompok kontrol. Jumlah sampel sebanyak 20 orang, dan penelitian ini menggunakan accidental sampling. Adapun jenis data yang digunakan berupa data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari responden. Analisis data denganmenggunakan analisis univariat dan bivariate dengan uji T-Test Dependent. Hasil penelitian ada pengaruh Slow deep breathing relaxation dengan penurunan intensitas nyeri persalinan kala I P value  (0.000 < 0.005). Diharapkan penelitian ini dapat dilakukan sebagai asuhan saying ibu dalam pendampingan ibu bersalin untuk membantu mengurangi nyeri pada saat proses persalinan.

Published
2022-08-30
How to Cite
Yanti Septiani, L. S. D. (2022). EFEKTIVITAS SLOW DEEP BREATHING RELAXATION PADA IBU BERSALIN KALA I UNTUK MERINGANKAN NYERI PERSALINAN. Jurnal Ilmiah Penelitian Kebidanan Dan Kesehatan Reproduksi, 5(2), 22-31. Retrieved from https://akbid-alikhlas.e-journal.id/JIPKR/article/view/27

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.