PENGARUH APLIKASI KONSULTASI LAKTASI DIGITAL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS ANGSANA

  • Sulasmi Ardini Saptaningsih Raksanagara Suryani Soepardan
Keywords: Aplikasi konsultasi laktasi digital, pengetahuan, sikap

Abstract

Air susu ibu (ASI) adalah nutrisi yang paling baik untuk bayi. Ibu yang memberikan ASI kepada bayi sama seperti memberikan nutrisi untuk menunjang pertumbuhan serta perkembangan bayi tersebut. Manfaat pemberian ASI yaitu, untuk saraf otak, sebagai zat kekebalan tubuh bayi untuk mencegah penyakit dan dapat meningkatkan kecerdasan. Pengetahuan ibu sangat penting agar dapat meningkatkan sikap ibu. Upaya meningkatkan pengetahuan mengenai pentingnya ASI dengan penggunaan aplikasi konsultasi laktasi digital.

Tujuan penelitian mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi konsultasi laktasi digital terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap ibu tentang ASI eksklusif.

Metode penelitian ini quasy eksperiment two group pre test dan post tes design, jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel penelitian ibu hamil TM III yang ada di Puskesmas Angsana. Penelitian dilakukan pada Juni-Juli 2019 dengan jumlah sampel 66 responden yang terbagi atas 33 kontrol dan 33 intervensi. Cara pengambilan data menggunakan permutasi blok. Analisis menggunakan univariat dan bivariat uji t berpasangan.

Hasil variabel pengetahuan pada kelompok kontrol sebesar 37,21 dan kelompok intervensi sebesar 40,12. Variabel sikap pada kelompok kontrol sebesar 19,6 dan kelompok intervensi 21,15. Terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap hasil pretest dan posttest intervensi (p=0,00). Terdapat perbedaan antara pre dan post kelompok kontrol (p=0,00).

Simpulan, terdapat pengaruh aplikasi konsultasi laktasi digital terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap ibu tentang ASI eksklusif.

Published
2022-08-30
How to Cite
Suryani Soepardan, S. (2022). PENGARUH APLIKASI KONSULTASI LAKTASI DIGITAL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS ANGSANA. Jurnal Ilmiah Penelitian Kebidanan Dan Kesehatan Reproduksi, 5(2), 9-21. Retrieved from https://akbid-alikhlas.e-journal.id/JIPKR/article/view/26

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.